BERENANG MEMBAKAR KALORI TUBUH

Berenang merupakan jenis olahraga yang banyak disukai oleh orang-orang karena olahraga ini tidak mengeluarkan keringat dan banyat manfaatnya. Kalori yang dapat dibakar olahraga ini adalah sebanyak 720 kalori pada wanita dan 840 kalori pada pria dalam satu jam.
Bagaimana Berenang Membakar Kalori:
Jika seseorang pernah merasakan lapar setelah berenang, ini adalah salah satu bukti bahwa olahraga renang dapat membakar kalori. Saat berenang, tubuh akan terasa susah utuk bergerak karena berada dalam air. Tentu saja, energi yang dibutuhkan sangat tinggi sehingga pembakaran kalori dapat terjadi.
Cara Melakukan:
Olahraga berenang dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:
  1. Berenang Gaya Bebas adalah berenang dimana posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua tangan secara bergantian mengayuh ke depan sedangkan kedua kaki bergerak naik turun atas bawah secara bergantian. Adapun posisi wajah menghadap pada permukaan air sehingga pengambilan nafas bisa dilakukan tubuh miring dengan cara menoleh ke kiri dan ke kanan. Gaya bebas membakar 704 kalori/jam.
  2. Berenang Gaya Dada atau Gaya Katak adalah berenang dimana posisi dada menghadap pada permukaan air namun tubuh dalam keadaan yang tetap. Kedua kaki menendang keluar secara bersamaan, sedangkan kedua tangan dibuka ke samping dengan gerakan membelah sehingga badan bisa maju lebih cepat. Pernafasan dapat dilakukan dengan mulut saat berada pada permukaan air setelah satu atau dua kali gerakan tangan dan kaki. Gaya Dada membakar 704 kalori/jam.
  3. Berenang Gaya Punggung adalah berenang dimana posisi puggung berada pada permukaan air. Wajah dihadapkan ke atas sehingga memudahkan siapa saja untuk mengambil nafas.Gaya punggung hampir sama dengan gaya bebas, hanya saja posisi tubuh terlentang di atas air. Gaya Punggung membakar 493 kalori/jam.
  4. Berenang Gaya Kupu-Kupu adalah berenang dimana posisi dada menghadap air. Kedua tangan secara bersamaan dikayuh dari depan ke belakang, sedangkan kedua kaki menendang ke bawah dan atas secara bersamaan seperti gerakan ikan. Pernafasan bisa dilakukan dengan menggunakan hidung dan mulut. Hidung digunakan untuk menghirup udara saat kepala menengadah di atas permukaan air, dan mulut digunakan untuk menghembuskan udara saat kepala berada dalam air. Gaya Kupu-kupu membakar 774 kalori/jam.

Posting Komentar

0 Komentar