BELAJAR RENANG

Cara Mudah Belajar Berenang Bagi Pemula



Berenang itu banyak manfaatnya lhoo sob.. Seperti postingan saya yang disini, isinya tentang beberapa manfaat yang dapat diperoleh setelah rajin berenang. Kalau sobat gak bisa berenang sama sekali, ambil aja kursus renang Murvita Semarang (HEHEHE Promosi lagi) . Bagi sobat yang mau mulai belajar berenang, postingan kali ini saya mau share mengenai cara mudah belajar berenang bagi pemula dengan menerapkan beberapa teknik di bawah ini:
1. Belajar Pernafasan Dalam Air
Sebelum mulai berenang pastikan udah pemanasan dulu ya. Selanjutnya kalau udah masuk kolam, hal pertama yang perlu dilakukan pemula adalah mengatur nafas dalam air. Caranya ambil nafas yang panjang, lalu masukkan semua badan ke dalam kolam. Tahan nafas sambil hitung (dalam hati) berapa detik sobat bisa nahan nafas dalam air. Oiya, di dalam air usahakan bikin bubble ya (keluarkan nafas sedikit demi sedikit melalui mulut or hidung). Karena ternyata kalau nahan nafas tanpa dikeluarin (bikin bubble) itu malah bikin kita ngos ngosan. Kalau hitungan nahan nafas di dalam air masih kurang dari 10 detik, ulangi lagi sampai bener bener nafasnya lancar ya (sekitar 15-20 detik). Belajar nafas ini penting menurut saya, karena entar pas udah renang beneran gak cepet capek atau ngos-ngosan.
2. Teknik Awal Meluncur
Untuk teknik awal meluncur ini, meluncur aja seperti biasa. Posisi berdiri (kalau kolamnya dalam) atau jongkok (kalau kolamnya dangkal), dengan kaki kanan ditempelkan di dinding kolam. Sedangkan kedua tangan sejajar ke depan. Untuk awal-awal, sobat hanya perlu meluncur aja, dengan menendang kaki dari dinding kolam tadi, dan meluncur ke depan tanpa menggunakan gaya apapun. Karena teknik ini cuman buat latihan, belum masuk ke teknik gaya renang. Pas meluncur di dalam air, pastikan kepala menghadap dasar kolam, dagu menyentuh leher dan posisi telinga sejajar dengan lengan. Lakukan teknik ini dalam sekali nafas dan pastikan selama di dalam air sambil bikin bubble seperti yang dijelaskan di poin 1 di atas. Kalau udah kerasa nafas mau habis, berhenti aja and ulang lagi dari awal :). Terus lakuin teknik ini berulang ulang sampai lancar.
3. Gaya Renang
Kalau poin.1&2 udah lancar, baru deh belajar gaya renang. Ada empat jenis gaya renang yaitu Gaya Katak/Gaya Dada, Gaya Kupu-kupu, Gaya Punggung dan Gaya Bebas. Yang paling susah dipelajari dan paling memakan banyak energi adalah gaya kupu-kupu. Sedangkan untuk pemula yang baru belajar berenang saya sarankan untuk mempelajari gaya dada terlebih dahulu. Entar kalau gaya dada udah bisa dan lancar, belajar gaya punggung dan gaya bebasnya jadi lebih gampang. Untuk mempelajari masing-masing gaya, saya sarankan untuk Kursus Renang Murvita Semarang Ajaa 😀
4. Terus Belajar dan Berusaha
Memulai di awal itu pasti akan terasa berat. Begitu juga pas awal-awal belajar berenang. Apalagi yang memiliki trauma dengan air saat berenang dari masa kecil seperti salah satu member di Kursus Renang Muvita :). Saran saya yang terakhir ini, kalau terus usaha pasti bisa kok tapi kalau masih belum bisa renang juga yaaa satu2.nya Jalan Kursus Renang Murvita Ajaaa Ya Sob hehe. Tubuh kita itu hampir 85% terdiri dari air, jadi jangan takut tenggelam. Karena sebenarnya berada di dalam air itu berarti tubuh kita kembali ke nature-nya dia sendiri.
Oke, itu dia tips cara mudah berenang versi saya. Selamat berenang dan keep fighting!

Posting Komentar

0 Komentar